Anak-Anak Panti Asuhan Al Dzikro Refreshing ke Taman Kyai Langgeng


Setelah berkutat dengan ujian sekolah, liburan pun akhirnya datang juga. Jum’at, 26 Desember 2014 jam 06.40 wib kami sudah ditunggu bus jemputan untuk acara wisata sebagai refreshing anak-anak Panti Asuhan Al Dzikro dengan tujuan Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang, Jawa Tegah. Tepat jam 07.00 wib bus berangkat berisikan 32 orang terdiri dari anak-anak Panti Asuhan Al Dzikro, sebagian Pengurus dan tentunya sopir dan kondekturnya (ntar siapa yang nganter kalo tidak ada kru bus..hehe).

Bus menyusuri jalanan membelah kota jogja yang padat kendaraan. Jalan-jalan alternatif pun terpaksa di cari. Maklumlah musim liburan, jogja pasti diserbu bus wisata dari luar kota. Sampai di Denggung Sleman ternyata ada yang mabuk. Sapa tuuu..Ooo..si kembar Amana yang mabuk. Duuuh kasian. Segera dech mBak Dokter Linda beraksi mengurangi keluhan sang pasien kecil.

Tak terasa sampai batas provinsi. Ada gapura hitam besar bertuliskan “selamat datang di Jateng”. Ternyata sudah cukup lama canda tawa anak Panti Asuhan Al Dzikro mengiringi perjalanan ini. Tapi kog tidak ada yang menyanyikan lagu punya penyanyi cilik Tasya Kamila itu lho yang liriknya :

Libur telah tiba,libur telah tiba
Hore, hore, hore
Simpanlah tas dan bukumu

Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba, libur telah tiba
Hatiku gembira 

Setelah 2 jam perjalanan, tepat jam 9.00 wib bus sampai di parkiran Taman Wisata Kyai Langgeng. Taman Kyai Langgeng terletak di jalan Cempaka 6, Magelang. Taman ini terletak 1 km dari pusat kota Magelang atau sekitar 85 km (120 menit perjalanan bus) dari Panti Asuhan Al Dzikro yang beralamat di Jalan Imogiri Timur km. 14 Manggung RT 07 Wukirsari Imogiri Bantul Yogyakarta. Taman Kyai Langgeng merupakan perpaduan yang asyik antara pesona alam dengan wahana wisata yang bisa membuat pengunjungnya betah berlama-lama di sana.

Memasuki gerbangnya, setelah taman parkir dan pedagang eceran souvenir, berjalan terus ke kanan (timur) kita akan disambut patung Punakawan yang kocak di depan loket karcis. Untuk menikmati tempat wisata ini kami harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 25.000 per orang. Di print out tiket tertera gratis 9 mainan, meliputi becak air, becak mini, bianglala, mobil keliling, kereta air, kereta mini, kumudi layang, kumudi putar dan sepur mini.

Karena belum pernah ke tempat ini, kami memutuskan untuk berkeliling Taman Kyai Langgeng dengan menaiki kereta mini. Untuk dapat menaikinya, harus berjalan ke stasiun kereta mini yang ada di sebelah kanan (timur) pintu masuk. Asyik juga bisa keliling-keliling sekitar 15 menit. Sayang, sepertinya rute keliling kereta ini hanya mencakup setengah dari Taman Kyai Langgeng. Tapi nggak apa-apa. Cukup puas kok. Kita bisa lihat indahnya pemandangan alam hutan sekitar dan sungai Progo yang hijau.Yang ga nahan tu antrinya. Luamaaaa :p

Selesai naik kereta mini, kami jalan kaki berkeliling menyapa satwa primata dan burung kasuari sambil jeprat jepret selfie pas ada lokasi yang bagus. Ke arah kanan, kami melihat ada jet coaster. Wah..sayang sekali. Jet coasternya rusak. Relnya patah. Kayaknya dulu pernah masuk koran deh. Padahal beberapa anak pengen uji nyali naek jet coaster.

Lanjut jalan kaki, pas lewat persimpangan jalan ada papan tanda arah ke permainan becak air. Akhirnya sebagai pelampiasan, anak-anak Panti Asuhan Al Dzikro pun bermain becak air. Lagi-lagi harus antri. Sambil nunggu antrian sebagian bermain ayunan sebagian lagi duduk-duduk dibawah rindangnya pepohonan di sekitar permainan becak air. Ternyata gampang-gampang susah pas main becak air. Buktinya anak-anak banyak yang bingung mutar kemudi. Si becak air cuman muter-muter di lokasi, malah ada yang nabrak becak temennya. Hehehe.. 

Setelah puas bermain becak air, anak-anak pun terus menyusuri jalanan kecil. Di sudut taman terdapat bekas pesawat Merpati F-28 yang dijadikan sebagai salah satu wahana bermain. Karena masih ada rencana wisata ke Taman Pintar Yogyakarta, maka beberapa permainan tidak kami coba.

Perjalanan menuju ke parkiran bus harus memutar melewati kios pernak-pernik khas magelang, begitu sampai di parkiran bus, eh, kog busnya dikunci. Dimana kru bus??? 10 menitan menunggu, anak-anak mulai bosan. Ada yang mulai jalan kesana kemari. Ada juga yang jajan mie gelas. Tau-tau anak-anak satu bus makan mie gelas semua..hadewh..efek nunggu kru bus kelamaan nih.

Sesuai rencana, setelah dari Taman Kyai Langgeng, perjalanan dilanjutkan ke Taman Pintar Yogyakarta. Jam 10.37 wib bus meluncur ke arah Jogja. Jalan Magelang-Jogja terlihat sangat padat kendaraan. Sampai di Sleman, kami berhenti di Masjid Agung DR. Wahidin Soedirohoesodo Kompleks Parasamya Kabupaten Sleman untuk sholat jum’at. Selesai Jum’atan, perjalanan dilanjutkan lagi sambil menyantap nasi dus bekal makan siang.

Sampai di Titik Nol KM (pusatnya kota Jogja) sangat ramai para wisatawan. Perjalanan makin macet. Pelan tapi pasti, bus sampai juga ke Kompleks Taman Pintar Yogyakarta. Di Taman Pintar, berbagai permainan menarik dan mendidik dengan nama menggelitik terdapat di Playground Arena ini. Selain Koridor Air, ada Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan Istana Pasir.  Di antara Playground Arena terdapat Zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang khusus diperuntukkan bagi anak usia 2-7 tahun. Zona ini terbagi atas 2 gedung yaitu gedung barat dan gedung timur. Ada juga gedung oval yang berisi beberapa stand yang memeragakan alat-alat iptek sederhana seperti Whimshurst Machine, Generator Van de Graft, Air track (rel udara), peta kenampakan alam Indonesia lengkap dengan lampu-lampu kecil warna-warni yang menandai letak gunung, sungai, danau, dsb. Lantai 2 gedung oval berisi alat peraga tentang alam semesta, bumi kita, simulator gempa, simulator dan detector tsunami, peraga listrik, teknologi konstruksi, zona telekomunikasi dan try science around the world. Selain Gedung Oval, masih ada lagi Gedung Kotak. Dalam gedung ini terdapat bioskop 4 Dimensi.

Lho, kog penuh pengunjung. Bingung lagi pas mau parkir bus. Penuh semua. Akhirnya, dengan sangat-sangat terpaksa, kunjungan ke Taman Pintar Yogyakarta ditunda untuk agenda liburan selanjutnya. Sebagai pengalaman, acara refreshing anak-anak Panti Asuhan Al Dzikro tidak akan dilaksanakan pas musim libur panjang sebagai antisipasi tersendatnya perjalanan.

Untuk mengobati rasa kecewa karena tidak jadi berkunjung ke Taman Pintar, bus berhenti sebentar di toko swalayan untuk beli es cream. Akhirnya tepat jam 15.00 wib bus sampai di Panti Asuhan Al Dzikro.

Oiya,,untuk foto-foto anak-anak Panti Asuhan Al Dzikro pas berlibur bisa klik http://www.al-dzikro.org/album-foto-35-wisata-ke-taman-kyai-langgeng.html Untuk foto anak-anak pas ketiduran di bus dengan berbagai posenya ga usah diupload ya, ntar pada malu,,hehe.

Silahkan Sahabat Dermawan bisa berkunjung, bermain, berdoa, berkumpul bersama anak asuh kami dan goreskanlah keceriaan disetiap wajah mereka.

PANTI ASUHAN YATIM PIATU AL-DZIKRO
Jalan Imogiri Timur km. 14
Manggung Rt 07 Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta
(0274) 7002327 / 7021572 / 7846975 / 3032904 / 0856 4362 6709
Pengasuh : H. Abdul Wahab dan Ustad Abdul Kohar

Informasi zakat, infaq, sodaqoh dalam bentuk Dana, dapat di Transfer melalui rekening berikut ini:

BRI Unit Imogiri Cabang Bantul
3585.01-005042-53-7
An. TURMUDI/YAYASAN AL-DZIKRO

Konfirmasi transfer kirim ke nomor 0856 4362 6709 dengan format :
INFAQ AL DZIKRO#JUMLAH TRANSFER#NAMA ANDA#ALAMAT#TANGGAL TRANSFER

Kami juga menyajikan informasi kegiatan anak-anak Panti Asuhan Al-Dzikro di
Website : www.al-dzikro.org
Fb : www.facebook.com/aldzikro.org

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • taman wisata kyai langgen
    2016-01-25

    terima kasih telah berkunjung serta sudah memberikan ulasan tentang taman wisata kyai langgeng di kota magelang. mulai 1 januari 2016 pihak pengelola obyek wisata taman kyai langgeng menerapkan harga tiket terbaru. taman rekreasi dan edukasi kyai langgeng kota magelang buka setiap hari 07.00 -17.00 wib. harga tiket masuk terusan di bawah ini sudah termasuk 10 wahana permainan yang terdiri dari teater 6 dimensi, bianglala, komidi putar, komidi layang, kereta mini, kereta air, sepur mini, becak mini, becak air, dan mobil keliling. senin – jumat : rp. 20.000 sabtu – minggu dan hari libur nasional : rp. 25.000 paket lebaran, natal, dan tahun baru : rp. 30.000 khusus untuk rombongan pengunjung minimal 50 orang mendapatkan diskon hingga 15%