Pelita IYEF 2017 : Asyiknya Membaca dan Menulis


Kamis, 7 September 2017 kami kedatangan tamu spesial yang mengisi kegiatan rutin menjelang buka puasa. Seperti biasa, acara dimulai setengah lima sore, diawali oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an, hafalan surat-surat pendek, dan hafalan doa-doa harian. Kali ini yang memberi materi bukan dari anak panti, tapi dari tamu yaitu Mbak Rinita Istiqomah.

Mbak Rinita tidak datang tetapi bersama ketiga temannya. Beliau mengatakan kalau akan mengadakan kegiatan selama dua bulan di Panti Asuhan Al-Dzikro. Kegiatan apa itu? Namanya Pelita IYEF, Pelatihan Literasi Anak IYEF (Indonesia Youth Education Forum). Nah, hari ini adalah pertemuan perdana, sayangnya ada dua teman Mbak Rinita yang belum bisa hadir karena ada kuliah.

Setelah perkenalan, kami diajak bertepuk tangan dengan aturan, kalau beliau bilang tepuk satu, kami harus tepuk tangan dua kali dan kalau bilang tepuk dua kami harus tepuk tangan satu kali. Wah, ternyata susah juga ya untuk kompak, mungkin karena kurang fokus, heheh. Sampai beberapa kali tepuk belum saja kompak, tapi berhubung Mbak Rinita baik hati, kami dimaafkan dan materi pun dimulai.

“Siapa yang hobi membaca?” tanya beliau. Beberapa dari kami mengangkat tangan. “Siapa yang hobi menulis?”. Yang mengangkat tangan berkurang heheh. Salah satu teman kami yang masih mengangkat tangannya yaitu Titik. Saat ditanya suka menulis apa? Dengan malu-malu Titik menjawab, “Suka nulis diary, Mbak.” Semua anak tepuk tangan.

Pada layar LCD, terlihat beberapa penulis yang sukses beserta karya-karyanya. Ada juga lho yang seusia SD sudah punya buku. Kata mbak Rinita, dengan menulis bisa menjadi ladang amal jariyah kita. Selain itu ada manfaat lain dari menulis, diantaranya banyak dikenal oleh orang lain, membahagiakan keluarga, dan memberikan kebermanfaatan untuk orang lain. Wah, diam-diam kami jadi tertarik buat nulis juga, Heheh. Untuk menjadi penulis ada syaratnya lho, yaitu rajin membaca, berani bertanya, banyak mengamati, dan mencoba untuk menulis. Nah kalau kita sudah hobi membaca dan menulis, siap-siap mendapat begitu banyak manfaat. Selain menambah pengetahuan bisa jadi kita dapat uang dari hasil karya yang kita buat.

Di akhir materi, Mbak Rinita memberi tantangan pada kami yaitu membuat sebuah tulisan dan dikumpulkan pertemuan selanjutnya. Bagi tulisan terbaik akan mendapat hadiah spesial. Asyik! dengan menulis jadi punya kesempatan dapat hadiah. Tunggu karya kami ya.

Simak juga kegiatan Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Dzikro di

Website : www.al-dzikro.org

Facebook : aldzikro.org

Instagram : @panti_asuhan_aldzikro

Silahkan Sahabat Dermawan bisa berkunjung, bermain, berdoa, berkumpul bersama anak asuh kami dan goreskanlah keceriaan disetiap wajah mereka.

PANTI ASUHAN YATIM PIATU AL-DZIKRO
Jalan Imogiri Timur km. 14
Manggung Rt 07 Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta
(0274)2810607 -- 0856 4362 6709 -- 0817 4123 945 -- 085 103 002 327 -- 085 1000 21 572 -- 0877 3892 6878 -- 087738341388

Pengasuh : H. Abdul Wahab dan Ustad Abdul Kohar

Informasi zakat, infaq, sodaqoh dalam bentuk dana, dapat di transfer melalui rekening berikut ini:

BRI Unit Imogiri Cabang Bantul
3585.01-005042-53-7
An. TURMUDI/YAYASAN AL-DZIKRO

Konfirmasi transfer kirim ke nomor 0857 2936 3676 dengan format :
INFAQ AL-DZIKRO#JUMLAH TRANSFER#NAMA ANDA#ALAMAT#TANGGAL TRANSFER


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini